IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Azmi
Nasrullah Nasrullah
Supriadi Syam

Abstract

Penanaman pengetahuan tentang berlalu lintas pada anak  tepatnya pada tahap Sekolah Dasar (SD) sangat penting pengaplikasiannya karena  memiliki nilai strategis yaitu long life for education, dimana seharusnya para siswa sejak dari kecil diperkenalkan ketentuan dan etika berlalu lintas dengan baik. Namun kenyataannya saat ini Pembelajaran tentang perambuan lalu lintas di sekolah dasar (SD) sangat sulit untuk dapat dipahami karena memiliki beberapa kelemahan pada penerapannya, seperti metode metode yang digunakan memiliki beberapa kekurangan karena tampilan dari media yang digunakan kurang menarik dan interaktif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi android media pengenalan rambu lalu lintas menggunakan Virtual Reality. Tahapan penelitian ini dimulai dengan pengumpulan dokumen, observasi, dan wawancara. Perancangan model system ini menggunakan UML yang didesain secara terstruktur yang terdiri dari rancangan model Use Case Diagram, Activity Diagram dan software yang digunakan yaitu Blender, Unity 3D, GoogleVr SDK, serta Google CardBoard dan Android yang menggunakan teknologi Virtual Reality. Pengujian sistem menggunakan pengujian Blackbox dan pengujian Beta. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi android tentang pengenalan rambu lalu lintas dengan mengimplementasikan teknologi virtual reality. Berdasarkan proses perhitungan untuk mendapatkan jumlah persentase jawaban dari 10 responden maka didapatkan 40% responden menyatakan bahwa aplikasi VR pengenalan rambu lalu lintas sangat baik. 44% responden menilai bahwa aplikasi ini baik. 16% responden menyatakan bahwa aplikasi cukup baik. Sedangkan responden yang menyatakan kurang baik dan sangat kurang terhadap desain  aplikasi dan manfaatnya adalah 0%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##